Majas Methapor dalam Bahasa Inggris : Fungsi dan Contoh Kalimatnya


 A. Pengertian Methapor

Dear online learners! There are many kinds of figure of speech/figurative language, such as metaphorical figures, personification, hyperbole, simile, litotes, and others. Figurative language is commonly used in poetry, short stories, and novels to add artistic value to sentences so that they look interesting and not boring. Besides, The use of figure of speech/language style/figurative language also serves to reinforce and clarify the impression conveyed. However, here we will only focuses on metaphorical figures. 

Majas atau biasanya lebih popular disebut dengan gaya bahasa sebagaimana dijelaskan diatas ternyata terdiri dari beberapa bagian, yaitu:  majas metafora (methapor) , personifikasi (personification), hiperbola (hyperbole), simile (similes) , dan lain-lain.  Majas atau Figurative language tersebut  Biasanya digunakan dalam bahasa sastra seperti  drama, prosa, puisi, cerpen, dan novel. Penggunaan Figurative Language dala bahasa  dan sastra tersebut bertujuan untuk menambah nilai seni pada kalimat agar terlihat menarik dan tidak membosankan bagi para pembaca dan pendengarnya. Makna dari pemilihan kata atau kalimat dalam gaya bahasa (figurative language) adalah untuk mempertegas dan memperjelas kesan yang disampaikan bagi para pembaca maupun para pendengarnya. 

Dear online learners! Dalam segmen kali ini kita akan hanya membahas methapor sebagai salah satu bagian dari figurative language itu sendiri. Adapun pengertian dari methapor adalah sebagai berikut : 

Metaphor is a figure of speech that describes something with direct and precise comparisons on the basis of almost the same or even the same characteristics. Metaphorical language is also called the equivalent or comparison figure. (Metafora merupakan majas yang menggambarkan sesuatu dengan perbandingan langsung dan tepat atas dasar sifat yang hampir sama atau bahkan sama. Majas metafora disebut juga majas persamaan atau perbandingan). 

Sementara itu,   dalam menyamakan atau membandingkan sesuatu, majas metafora tidak menggunakan kata-kata penghubung. Misalnya seperti, bak, laksana, dan lain sebagainya. Akan tetapi, langsung menuju atau menggunakan kata kiasan tersebut (Meanwhile, in equating or comparing something, metaphorical figures do not use connecting words. For example, like, like, like, and so on. However, go straight to or use the figurative word).

B. Fungsi Majas Methapor dalam Bahasa Inggris. 

1. The use of metaphorical figures in a literary work can indeed make the words in the work look more lively and interesting to read.(Pemakaian majas metafora dalam sebuah karya sastra memang dapat membuat kata-kata dalam karya tersebut terlihat lebih hidup dan menarik untuk dibaca).

2. The use of metaphorical language style can also make a writer's concepts and ideas easier for readers to understand or even make complex thought expressions easier to understand. (Penggunaan gaya bahasa metafora juga bisa membuat konsep dan ide seorang penulis menjadi lebih mudah dipahami oleh para pembaca atau bahkan membuat ungkapan pemikiran yang rumit menjadi lebih mudah dimengerti). 

3. It is used to explain something abstract to concrete, explaining things that cannot be understood become easier to understand and so on.(Digunakan untuk menjelaskan sesuatu yang abstrak ke konkret, menjelaskan hal yang tidak bisa dipahami menjadi lebih mudah dipahami dan sebagainya).

4. With the metaphorical figure of speech, it can make readers not only enjoy the literary work they read, but also gain new knowledge about writing sentences in the literary work.( Dengan adanya majas metafora, dapat membuat pembaca tidak hanya dapat menikmati karya sastra yang dibacanya saja, namun juga bisa memperoleh pengetahuan baru mengenai penulisan kalimat di dalam karya sastra tersebut). 

C. Contoh Majas Metaphor Dalam Bahasa Inggris

Dear online learners! Ada baiknya juga kita mengetahui contoh-contoh majas methapor dalam Bahasa Indonesia dan dalam Bahasa Inggris agar dapat menemukan persamaan dan perbedaan diantara keduanya.

1. Majas Metafora dalam Bahasa Indonesia

a. Ruko di sepanjang jalan ini habis karena telah di lalap oleh si jago merah malam tadi.

b. Demi masa depan anak-anaknya, seorang ayah rela membanting tulang demi masa depan anak-anaknya agar kelak hidupnya menjadi lebih baik.

c. Banyak manusia mencari muka demi sebuah jabatan dan kedudukan dan bahkan rela untuk mengorbankan temannya sendiri.

d. Kalau ingin menjadi bintang dimasa depan maka harus ada perjuangan dari saat ini.

e. Muka kakak merah padam karena bertemu dengan seseorang yang dia kagumi.

f. Setelah berusaha dan berdoa maka kita harus lapang dada untuk menerima hasilnya.

g. Para pencuri tersebut mengambil langkah seribu ketika ketahuan oleh masyarakat.

h. Ketika kita salah jangan menjadi anak yang mempunyai sifat kepala batu.

i. Sang dewi malam telah keluar dari peraduannya.

j. Sepulang dari kantor tadi sore, ayah membeli buah tangan untuk kami. 

2. Contoh Majas Methapor dalam Bahasa Inggris

a. Success is ladder it’s not escalator (Kesuksesan tidak akan datang secara tiba-tiba. Maknanya adalah seseorang yang ingin meraih sukses membutuhkan perjuangan dan waktu.).The world is a stage.

b. Books are keys to your imagination. ( Kunci untuk menggapai cita-cita itu adalah terletak pada sebanyak apa buku yang kamu baca)

c. The peaceful lake was a mirror. (Ketenangan air sebuah danau adalah sebuah cermin untuk mengukur diri. Maknanya adalah jika ingin hidup tenang dan penuh kedamaian maka sebaiknya harus selalu mengukur kemampuan diri sendiri). 

d. You are really apple of my heart. ( Kamu adalah jantung hatiku). 

e. Her long hair was a flowing golden river. ( Rambut panjangnya bagaikan sungai emas yang mengalir).

f. School is a gateway to adulthood. ( Sekolah merupakan pintu gerbang menuju pendewasaan diri). 

g. The stars in the sky are sparkling diamonds in the night. (Bintang-bintang di langit adalah kumpulan kilauan berlian yang memantulkan cahaya pada malam hari). 

h. It is raining cats and dogs, so There is no way I can go outside.  (Hujan sangat deras sekali sehingga tidak mungkin kita dapat keluar rumah). 

i. Life is a roller coaster. (Hidup itu ibarat roda kadang diatas dan kadang dibawah). 

j. Their home was a prison. (Rumahnya bagaikan sebuah penjara). 

k. The park was a lake after the rain. (Taman tersebut menjadi danau setelah turun hujan

l. The mind is an ocean, no one knows how deep it is. (Pikiran adalah samudra, tidak ada yang tau seberapa kedalamannya.)

m. Don’t ever trust her. Her words are venomous snakes. (Jangan pernah percaya dengannya. Kata-kata nya adalah ular berbisa.)

n. Her smile is rainbow in the rain. (Senyumannya adalah pelangi dikala hujan.)

o. Our life is a journey (Hidup kita adalah sebuah petualangan). 



Posting Komentar

0 Komentar